E-ORDER, E-PAYMENT, E-BANKING, E-DELIVERY, E-WALLET, DAN E-MONEY

E-Order atau Pesan Online

Pesan Online atau E-Order adalah  permintaan dari pembeli kepada penjual atas barang atau jasa yang di jual oleh penjual lewat media sosial atau online.
Pemprosesan pesanan pelangan mulai dari penerimaan pesanan pelanggan,melengkapi surat order penjualan,mengecek ketersediaan barang di gudang,menentukan rute dan tanggal pengirimansampai dengan barang di terima oleh pelanggan.

Cara Pemesanan, Pembayaran dan Pengiriman

PEMESANAN MELALUI WEBSITE

Pemesanan bisa dilakukan langsung di website dengan mudah.

  1. Mencari Produk

Anda dapat memulai pencarian melalui kata kunci atau melalui menu kategori diatas. Setelah itu Anda bisa mulai memilih atau melihat detil produk yang Anda suka.

  1. Memilih & Melihat Informasi Produk

Pilih produk yang Anda ingin beli melalui halaman utama, kategori atau hasil pencarian. Klik gambar atau judul untuk melihat detail produk. Jika sesuai, Anda bisa langsung masukan ke Troli.

  1. Menambahkan Barang ke Dalam Troli

Untuk membeli, klik “Beli Sekarang” untuk memasukkan barang yang Anda suka ke dalam Troli.

Akan ada notifikasi di sudut kanan setelah Anda menambahkan barang ke Troli. Jumlah barang yang ada di keranjang Anda juga bisa langsung terlihat

Setelah itu Anda akan masuk ke proses pemesanan.

  1. Menyelesaikan Proses Pemesanan

Klik keranjang belanja yang ada di sudut kanan. Apabila Anda sudah login Anda akan langsung masuk ke Lanjut ke Pembayaran.

  1. Mengisi Informasi Pengiriman

Dekoruma.com membutuhkan Nama Penerima Anda untuk ditaruh pada paket. Untuk memudahkan pencarian alamat Anda. Dekoruma.com juga membutuhkan Provinsi, Kota dan Kode os. Klik Lanjutkan untuk memilih metode pembayaran.

  1. Memilih Metode Pembayaran

Saat ini Anda bisa memilih pembayaran melalui Bank Transfer atau Cash On Delivery sebagai metode pembayaran. Setelah memilih metode pembayaran langsung, Anda akan masuk ke review pembelian Anda.

Pemesanan melalui Cash On Delivery hanya tersedia untuk produk-produk tertentu dengan total nilai dibawah Rp 1,000,000,- (1 juta rupiah) ke alamat-alamat yang ada disini (klik disini).

  1. Mereview Pesanan dan Selesai

Di halaman “Review Order”, pastikan semua data pesanan Anda diisi dengan benar, lalu klik “Bayar Melalui Transfer” atau “Masukan Pesanan”.

Nota pesanan juga akan dikirim ke email Anda.

PEMBAYARAN MELALUI BANK TRANSFER

Anda dapat membayar melalui transfer ke rekening sebagai bank berikut ke PT Dekoruma Inovasi Lestari di:

  • Bank Mandiri: 123–0090–111–909
  • Bank BCA: 372–171–7273

Pembayaran ditunggu paling lambat 24 jam setelah pemesanan Anda. Lebih dari itu, pesanan Anda otomatis akan dibatalkan oleh sistem.

Apabila ada gangguan teknis pembayaran, Anda dapat langsung menghubungi customer service Dekoruma.com melalui telepon di (021) 5332433 atau melalui email ke hello@dekoruma.com.

PEMBAYARAN MELALUI CASH ON DELIVERY

Metode pembayaran melalui Cash On Delivery (COD) hanya tersedia untuk produk-produk tertentu dengan nilai dibawah Rp. 1000,000,- (1 juta rupiah) dan untuk ke destinasi tertentu yang Anda dapat lihat di:

KONFIRMASI PEMBAYARAN

Setelah Anda melakukan pembayaran, segera lakukan konfirmasi pembayaran melalui form yang telah disediakan setelah proses pemesanan atau dapat diakses lagi disini.

Silahkan hubungi customer service Dekoruma.com melalui telepon di (021) 5332433 atau melalui email ke hello@dekoruma.com. apabila Anda memiliki pertanyaan.

Setelah verifikasi, Anda akan menerima email konfirmasi dan Dekoruma.com akan segera mengirimkan paket Anda 🙂

PENGIRIMAN PESANAN

Pengiriman pesanan ke alamat Anda akan dilakukan setelah pembayaran Anda valid. Apabila Anda memesan beberapa produk, produk pesanan Anda mungkin akan dikirim secara terpisah dan dengan waktu yang berbeda karena Dekoruma.com bekerja sama dengan berbagai supplier/merchant untuk menyediakan produk dengan harga terbaik. Pengiriman pesanan akan dilakukan setiap hari kecuali hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional

  1. Pengiriman Pesanan Furnitur

Pengiriman pesanan untuk produk furnitur hanya tersedia untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dekoruma.com akan menghubungi Anda untuk menentukan waktu pengiriman sesuai dengan jadwal Anda.

Pengiriman akan dilakukan dalam waktu 4–6 hari kerja untuk produk ready-stock.

  1. Pengiriman Pesanan Non-Furnitur

Pengiriman pesanan ke alamat Anda akan dilakukan setelah pembayaran Anda valid. Apabila Anda memesan beberapa produk, produk pesanan Anda mungkin akan dikirim secara terpisah dan dengan waktu yang berbeda karena Dekoruma.com bekerja sama dengan berbagai supplier/merchant untuk menyediakan produk dengan harga terbaik.

Kecuali produk-produk tertentu, semua pengiriman pesanan non-furnitur dikoordinasikan oleh aCommerce dengan ongkos kirim setara dengan JNE REG.

Pengiriman pesanan non-furnitur ke:

  • Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi: 4–6 hari kerja.
  • Pulau Jawa dan Bali: 5–7 hari kerja.
  • Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi: 6–9 hari kerja.
  • Pulau lainnya: 6–14 hari kerja.

Anda dapat mengecek status pengiriman pesanan melalui tautan/link yang akan Anda terima dalam e-mail pesanan.

Untuk pesanan yang dikirim oleh aCommerce, Anda dapat mengecek status pengiriman Anda dengan memasukkan nomer order Anda di https://tracking.acommerce.asia/dekoruma

PENGERJAAN PRODUK MADE-TO-ORDER

Pengerjaan produk Made-to-Order pesanan Anda akan dilakukan setelah pembayaran Anda valid. Produk Anda akan segera dikirim setelah pengerjaan produk selesai.

Dekoruma.com akan memberikan update pengerjaan dan pengiriman produk Anda melalui e-mail telepon.

Anda dapat mengecek status pengiriman pesanan melalui tautan/link yang akan Anda terima dalam e-mail pesanan.


E-Payment

E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis.

Dengan menggunakan fasilitas e-payment, pihak penjual dan pihak pembeli akan mendapatkan beragam manfaat, antara lain:

  • Sistem transaksi yang mudah dan dapat dilakukan secara universal selama masih berada dalam 1 wilayah negara
  • Keamanan transaksi lebih terjaga dibandingkan dengan melakukan transaksi secara cash atau secara transfer rekening pribadi
  • Penggunaan waktu dan tenaga menjadi lebih simpel dan efisien

Siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam fasilitas e-payment? Ada beberapa pihak yang terlibat dalam penggunaan dan penyediaan fasilitas e-payment, yakni:

  • Pihak pembeli yang melakukan pembayaran dengan metode e-payment
  • ­Pihak penjual yang menerima e-payment
  • Issuer , berupa lembaga bank atau lembaga non bank
  • Pihak pengontrol regulasi (regulator), biasa pihak yang mengawasi dan mengatur proses e-payment adalah pemerintah.

Startup Yang Menyediakan Fasilitas e-Payment

Untuk memudahkan anda berbelanja atau berbisnis secara e-commerce, kenali dulu beberapa startups yang dapat memfasilitasi e-payment sebagai sarana pembayaran. Beberapa start up di Indonesia yang memiliki fasilitas e-payment adalah :

  1. Kaskus

kaskus-original-logo5

Kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi diluncurkan pada ulang tahun Kaskus yang ke-10. Hingga saat ini Kaspay banyak digunakan oleh anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual beli di forum yang dikenal dengan sebutan FJB (Forum Jual Beli).

  1. Tokopedia

444429_620

Tokopedia merupakan start up Indonesia yang memfasilitasi kegiatan belanja online secara aman dan praktis. Pihak penjual dapat memperoleh domain khusus untuk mulai berjualan di Tokopedia. Selanjutnya, para calon pelanggan yang sudah melakukan log in di Tokopedia akan leluasa memilih produk yang diinginkan dan langsung melakukan pembayaran. Selanjutnya, pembayaran tersebut akan masuk ke akun penjual bila pelanggan sudah memberi konfirmasi penerimaan barang. Sangat aman bukan.

  1. BukaLapak.com

bukalapak

 

BukaLapak.com memiliki konsep yang hampir mirip dengan Tokopedia, bedanya anda yang berniat membeli produk tidak perlu melakukan log in untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan BukaLapak.com. Pembayaran anda akan masuk ke akun penjual bila anda sudah memberi konfirmasi penerimaan barang.

  1. Doku

0737074dokuwallet780x390

Sebelum berganti nama menjadi Doku, layanan e-payment yang satu ini bernama NSIApay. Doku menjadi fasilitas gateway untuk pembayaran melalui kartu kredit.

  1. Ipaymu

download

Ipaymu merupakan salah satu fasilitas e-payment yang menawarkan banyak fitur bermanfaat seperti layanan pembayaran dengan kartu kredit, pembayaran secara online serta untuk menarik atau menyetorkan uang. Fitur yang disediakan oleh Ipaymu memberikan kemudahan bagi para pebisnis yang memiliki toko online.

Masalah Internet Payment di Indonesia

Sebanyak 24% dari 115 responden Sharing Vision mengatakan bahwa mereka menggunakan internet payment selama bertransaksi melalui e-Commerce. Jumlah yang sedikit itu didapat karena calon pembeli online kebanyakan merasa belum perlu menggunakan internet payment dalam berbelanja.


E-Banking

Perbankan Elekronik (bahasa Inggris: E-banking) E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.

Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain: a). aplikasi mudah digunakan; b). layanan dapat dijangkau dari mana saja; c). murah; d). dapat dipercaya; dan e). dapat diandalkan (reliable).

Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:

  • Business expansion
  • Customer loyality
  • Revenue and cost improvement
  • Competitive advantage
  • New business model

Business expansion. Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang dan waktu.

Customer loyality. Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.

Revenue and cost improvement. Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.

Competitive advantage. Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas Internet Banking.

New business model. Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.

Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi:

  • Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
  • Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
  • Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
  • Perbankan Daring (Internet Banking)
  • Sistem Kliring Elektronik

Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem Informasi Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan perbankan, atau lebih populer dengan istilah perbankan elektronik (electronic banking).

7 Layanan E Banking yang Perlu Anda Ketahui

  1. Memaksimalkan Fungsi ATM, Bukan Sebatas Tempat Menarik Uang

Fungsi ATM Menjadi Tidak Cuma Untuk Tarik Tunai via webindiasolutions.com

Masyarakat sejauh ini mengenal ATM hanya sebatas tempat ambil uang. OJK melalui Buku Bijak Ber-E-Banking ini akan menjelaskan seluk beluk transaksi elektronik secara detail. Hal pertama yang dipaparkan secara lengkap dalam Buku Bijak Ber-E-Banking Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini adalah mengenai ATM atau anjungan tunai mandiri (automated teller machine). Buku Bijak Ber-E-Banking menjelaskan mengenai tipe ATM dan sistematika kerja ATM, di mana ATM sendiri terbagi menjadi 4 jenis yakni ada ATM tunai, non-tunai, ATM setor tunai, hingga ATM yang memberikan pelayanan lengkap tunai non-tunai setor tunai.

ATM punya banyak fungsi lain, selain tempat ambil uang tunai. Fungsi lain tersebut meliputi akses sejumlah layanan, antara lain: transfer duit, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, dan bahkan sampai bisa untuk melakukan pembayaran premi asuransi misalnya.

ATM tunai seperti uraian di atas berfungsi untuk melakukan bertransaksi tunai alias menarik duit lewat mesin ATM ini. ATM non-tunai mempunyai fitur khusus buat transaksi non-tunai, seperti transfer, bayar tagihan, cek saldo, dan lain-lain. Tarik tunai di mesin ATM non tunai ini tidak bisa dilakukan. ATM setor tunai atau biasa disebut mesin Cash Deposit Machine (CDM) berfungsi sebagai tempat untuk setor uang sehingga memudahkan nasabah untuk tidak perlu antri ke teller bank. Minimal setor uang melalui mesin ini menggunakan lembaran Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Sedangkan ATM serbabisa mempunyai fitur yang komplit, dari transaksi tunai sampai setor tunai. Semua bisa.

Anda mesti paham bahwa tidak semua bank punya ATM dalam jumlah banyak di setiap tempat sehingga perlu solusi dalam bentuk jaringan ATM yang bisa digunakan secara bersama-sama. Ada 2 jaringan besar bank di Indonesia, yakni:

  • ATM Bersama beranggotakan 82 bank, di antaranya, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Permata, dan Bank Danamon.
  • ATM Prima beranggotakan 57 bank, di antaranya BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga.
  1. EDC untuk Transaksi Jual Beli Melalui Kartu Kredit dan Kartu Debit

Sekarang Ada EDC Untuk membantu Transaksi Anda via paymentdepot.com

Selain ATM, buku paduan OJK di atas juga memberi ulasan lengkap mengenai Electronic Data Capture atau EDC, di mana EDC ini berfungsi untuk melakukan transaksi jual beli melalui kartu kredit, tanpa perlu uang tunai. EDC ini biasanya digunakan ketika berbelanja, sehingga konsumen tidak perlu repot mencairkan uang di ATM untuk melakukan transaksi belanja.

Sesuai kampanye Bank Indonesia untuk lebih menggerakkan cashless society, alias masyarakat yang bertransaksi tanpa uang tunai, Mesin EDC memungkinkan kita membayar transaksi tanpa uang tunai sehingga praktis dalam berbelanja tanpa ribet menghitung uang. Biasanya EDC bisa dipakai buat transaksi di toko-toko dan pusat perbelanjaan yang mempunyai transkasi cukup besar, mengingat ada target nominal tertentu bagi toko yang menyediakan layanan mesin EDC. Perlu diingat juga bahwa EDC tidak hanya bisa dipakai dengan cara digesek, namun bisa juga dengan cara menempelkan kartu ke mesin itu.

Masyarakat perlu tahu bahwa ke depannya transaksi dengan EDC ini akan semakin populer untuk berbagai keperluan misalnya bayar uang belanja, bayar tol, bayar tiket pesawat, bayar listrik dan sebagainya. Ada 3 jenis Mesin EDC yang biasa dipakai di merchant atau pusat perbelanjaan yaitu Fixed Line/Line Telepon yang menggunakan line telepon dari Telkom dengan biaya langganan line ini ke Telkom langsung, kemudian ada juga GPRS Power yang bekerja berdasarkan sinyal seluler layaknya hand phone dan yang terakhir adalah GPRS Mobile yang menggunakan sumber energi baterai yang bisa diisi ulang.

  1. Internet Banking, Layanan Mudah Seolah Punya Teller Pribadi

Internet Banking via businesskorea.co.kr

Selanjutnya, Buku Bijak Ber-E-Banking juga membahas mengenai Internet Banking. Internet Banking merupakan layanan yang diberikan pihak bank untuk mempermudah transaksi banking tanpa perlu pergi langsung ke bank (melalui internet), seperti aktivitas cek saldo, transfer, dan lain-lain. Dengan Internet banking, Anda seolah punya teller pribadi dan gak perlu capek antri di bank buat melakukan hampir semua layanan perbankan seperti cek saldo, transfer dana, melihat mutasi rekening, beli pulsa, bayar tagihan listrik, TV kabel, air, telepon, asuransi, Internet, beli tiket, Setor uang deposito dan masih banyak lagi yang lainnya.

Proses pendaftaran internet banking juga mudah tinggal datang ke bank, isi formulir dan kemudian anda akan diberi token plus user ID dan password, one time password (OTP) via SMS yang tergantung jenis banknya.

  1. SMS Banking, Transaksi Perbankan Dalam Genggaman

Transaksi Bank Bisa Dilakukan Lewat SMS via rapporto.ru

Dalam buku panduan OJK, Anda juga akan mendapatkan ulasan mengenai SMS Banking yang hampir serupa dengan internet banking. Pebedaannya, SMS banking bisa dilakukan tanpa koneksi internet, yakni cukup melalui pesan singkat. Fitur SMS banking mirip dengan Internet banking, tapi tidak perlu pakai Internet kalau menggunakan layanan ini. Hal yang utama adalah kita punya stok pulsa yang cukup.

  1. Mobile Banking, Solusi Menarik di Antara Internet Banking dan SMS Banking

Mobile Banking dengan Solusi Lengkap via performance-assurance.com.au

Dalam Buku Bijak Ber-E-Banking, dibahas pula mengenai Mobile Banking yang merupakan perpaduan antara SMS banking dan internet banking. Syarat agar Anda bisa melakukan transaksi melalui Mobile Banking ini adalah harus medaftarkan sim card melalui aplikasi bank pada smartphone.

Bisa saja Anda kurang puas jika hanya mengandalkan layanan SMS seperti yang ada di fitur SMS banking buat transaksi. Jika demikian ada solusi lain yaitu melalui layanan mobile banking, di mana kita akan mendapatkan fitur lain yang lebih canggih. Fitur ini bisa diakses lewat dua pilihan yaitu melalui menu provider atau mobile banking lewat aplikasi. Mobile banking bisa dibilang solusi tengah antara Internet banking dan SMS banking. Pengguna mobile banking bisa melakukan transaksi perbankan di mana pun dan kapan pun.

  1. Phone Banking, Anda Tinggal Telepon dan Transaksi Keuangan pun Beres

Transaksi pun Bisa Dilakukan Lewat Telepon via bankingtech.com

Pembahasan lain pada Buku Bijak Ber-E-Banking adalah mengenai Phone Banking. Melalui fitur Phone Banking, nasabah hanya perlu menelepon pihak bank untuk melakukan transaksi, tanpa perlu pergi ke ATM, dan tanpa perlu koneksi internet. Ya, sangat simpel, tinggal telepon semua beres, namun Anda tetap wajib mendaftar dulu ke bank untuk mendapatkan PIN phone banking yang akan digunakan buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

  1. Video Banking, Bisa Tatap Muka dengan Teller Bank Melalui Video

Bertemu dengan Teller pun Bisa Dilakukan Lewat Video via firstbankblog.com

Bagian terakhir Buku Bijak Ber-E-Banking juga membahas tuntas mengenai fitur Video Banking. Berbeda dengan fitur banking lain yang bisa dilakukan kapan saja, fitur Video Banking ini hanya memberikan pelayanan pada waktu tertentu saja, seperti hari Sabtu dan Minggu. Dengan video banking ini, kita bisa melakukan transaksi seolah olah tatap muka dengan teller Bank, seperti layaknya bertransaksi di loket bank tapi lewat video.

Manfaatkan E-Banking Secara Bijak dan Maksimal

Itulah tujuh layanan electronic banking yang dibahas tuntas dalam Buku Bijak Ber-E-Banking OJK. Jika Anda seorang nasabah dari sebuah bank, tentu penting untuk mengetahui fitur apa saja yang bisa dinikmati sehingga bisa menjadi nasabah yang baik dari bank tersebut. Nasabah yang baik tentu paham semua fasilitas dan produk bank, di mana dia mempunyai rekening di dalamnya. Dengan adanya Buku Bijak Ber-E-Banking, diharapkan bisa membantu nasabah untuk lebih mengerti seputar fasilitas perbankan sehingga nasabah pun bisa memanfaatkan semua kelebihan tersebut dengan maksimal.


E-Delivery

e-Delivery adalah Sistem Pendukung Administrasi Kegiatan yang didalamnya termasuk program komputer berbasis web untuk memfasilitasi kebutuhan pembuatan kontrak pengadaan barang/jasa dan penyediaan dokumen-dokumen kelengkapan.

Contoh e-delivery

Kurir Pengiriman di Lazada

Lazada menyediakan pilihan jasa pengiriman yang cukup beragam. Berikut ini adalah daftar ekspedisi yang melayani pengiriman barang di Lazada:

  1. JNE Express
  2. Pos Indonesia
  3. TIKI
  4. J&T Express
  5. Pandu Logistics
  6. First Logistics
  7. RPX
  8. NEX Logistics
  9. NCS
  10. ESL
  11. Total Logistics
  12. Lazada Express

Bagaimana cara mengetahui no resi pengiriman yang diberikan Lazada?Caranya mudah, Anda login ke akun Lazada, lalu klik menu lacak pesanan, dan kemudian klik bagian nomor pesanan. Jika pesanan dikirim oleh kurir eksternal maka pihak JNE akan menginformasikan nama ekspedisi dan nomor resi paket.

Bagaimana cara belanja dengan gratis ongkir di Lazada?Saat mencari produk yang akan dibeli anda bisa mengaktifkan filter (di sebelah kiri) dengan tanda ’ Free Ongkir 32 Kota’. Daerah yang dilayanai gratis pengiriman yaitu Bandar Lampung, Bandung, Banten, Denpasar, Jabodetabek, Malang, Medan, Lampung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Jenis Pengiriman Apa Saja yang Disediakan Lazada?

  1. Pengiriman Ekonomis (Economy Shipping) – Area Tertentu
  2. Pengiriman Standar (Standard Shipping) – Semua Area
  3. Pengiriman Cepat (Express Shipping) – Berlaku di Jabodetabek

Kantor Pusat

Lazada Indonesia

PLAZA AGRO Lt.8 & 9, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.X-2

Jakarta Selatan, 12950

Indonesia

Email : support@lazada.co.id

Telepon : (021) 80630200


E-Money

Pengertian e-money mengacu pada definisi yang dikeluarkan oleh Bank for International Settlement (BIS) dalam salah satu publikasinya. Dalam publikasi tersebut e-money didefinisikan sebagai “stored-value or prepaid products in which a record of the funds or value available to a consumer is stored on an electronic device in the consumer’s possession” (produk stored-value atau prepaid dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. Disamping itu e-money yang dimaksudkan disini berbeda dengan “single-purpose prepaid card” lainnya seperti kartu telepon, sebab e-money yang dimaksudkan di sini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi-purposed).
E-money yang dimaksudkan disini juga berbeda dengan alat pembayaran elektronis berbasis kartu lainnya seperti kartu kredit dan kartu debet. Kartu kredit dan kartu debet bukan merupakan “prepaid products” melainkan “access products”. Secara umum perbedaan karakteristik antara “prepaid product” dan “access product” adalah sebagai berikut:

  • Prepaid product (e-money)

Nilai uang telah tercatat dalam instrumen e-money, atau sering disebut dengan stored value. Dana yang tercatat dalam e-money sepenuhnya berada dalam penguasaan konsumen. Pada saat transaksi, perpindahan dana dalam bentuk electronic value dari kartu e-money milik konsumen kepada terminal merchant dapat dilakukan secara off-line. Dalam hal ini verifikasi cukup dilakukan pada level merchant (point of sale), tanpa harus on-line ke komputer issuer.

  • Access product (kartu debet dan kartu kredit)

Tidak ada pencatatan dana pada instrumen kartu. Dana sepenuhnya berada dalam pengelolaan bank, sepanjangb belum ada otorisasi dari nasabah untuk melakukan pembayaran. Pada saat transaksi, instrumen kartu digunakan untuk melakukan akses secara on-line ke komputer issuer untuk mendapatkan otorisasi melakukan pembayaran atas beban rekening nasabah, baik berupa rekening simpanan (kartu debet) maupun rekening pinjaman (kartu kredit). Setelah di-otorisasi oleh issuer, rekening nasabah kemudian akan langsung didebet. Dengan demikian pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debet mensyaratkan adanya komunikasi on-line ke komputer issuer.

Selain produk e-money sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, saat ini, khususnya di Indonesia mulai bermunculan inovasi produk-produk pra-bayar yang secara fungsional mirip dengan e-money, namun secara teknis, karakteristiknya berbeda dengan karakteristik e-money yang dimaksudkan dalam kajian ini. Contohnya adalah model prabayar yang umumnya dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi dimana nilai uang tidak disimpan di dalam kartu (bukan stored value) melainkan disimpan dalam server data base perusahaan telekomunikasi yang menerbitkan kartu pra-bayar tersebut. Dalam hal ini perintah perpindahan dana untuk pembayaran harus dilakukan secara on-line ke server penerbit melalui short messaging services (SMS). Model prabayar ini sebenarnya adalah pengembangan dari bentuk pulsa yang kemudian dikembangkan untuk dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran.

Manfaat e-money

Beberapa manfaat atau kelebihan dari penggunaan e-money dibandingkan dengan uang tunai maupun alat pembayaran non-tunai lainnya, antara lain :

  • Lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan uang tunai, khususnya untuk transaksi yang bernilai kecil (micro payment), disebabkan nasabah tidak perlu menyediakan sejumlah uang pas untuk suatu transaksi atau harus menyimpan uang kembalian. Selain itu, kesalahan dalam menghitung uang kembalian dari suatu transaksi tidak terjadi apabila menggunakan e-money.
  • Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu transaksi dengan e-money dapat dilakukan jauh lebih singkat dibandingkan transaksi dengan kartu kredit atau kartu debit, karena tidak harus memerlukan proses otorisasi on-line, tanda tangan maupun PIN. Selain itu, dengan transaksi off-line, maka biaya komunikasi dapat dikurangi.

Electronic value dapat diisi ulang kedalam kartu e-money melalui berbagai sarana yang disediakan oleh issuer.

Jenis – jenis e-Money

  1. Registered
    Registered artinya data identitas pemegang uang elektronik tercatat dan terdaftar pada penerbit.
    Nilai uang yang tersimpan di dalam media chip atau server penerbit paling banyak Rp. 5 juta.
  2. Unregistered
    Unregistered artinya data identitas pemegang uang elektronik tidak tercatat dan tidak terdaftar pada penerbit.
    Nilai uang yang tersimpan di dalam media chip atau server penerbit paling banyak Rp. 1 juta.

Kelebihan dan Kekurangan e-money
Banyak sekali kelebihan atau manfaat elektronik money ini

  1. hanya sekali tekan, transaksi sudah berhasil dilakukan
  2. tidak perlu membawa uang secara fisik jika ingin membeli sesuatu
  3. mengurangi tingkat kriminalitas.
  4. dan lain – lain

Sebuah sistem buatan manusia tidak mungkin seratus persen sempurna, oleh karena itu ada kelemahan – kelamahan di dalamnya

  1. perlunya sosialisasi secara berkala
  2. meningkatnya kejahatan cyber
  3. tidak bisa 100% menghilangkan uang cash fisik
  4. dan masih banyak lagi

Ada beberapa penerbit uang elektronik di Indonesia

  1. T-Cash Telkomsel
  2. dompetku Indosat
  3. Fleksi Cash Telkom
  4. Transjakarta Bank DKI
  5. Java Jazz Bank BNI
  6. Gas, Parking, Food Court, Retailer, Tol BCA
  7. Tol Jakarta, Gas, Indomaret Bank Mandiri
  8. Tol Surabaya Bank Mega
  9. BRIZZI (Retail) BRI

 E-Wallet

E-wallet atau Dompet Elekronik adalah sebuah alternatif untuk semua metode pembayaran tradisional. Anda dapat mendaftar hanya dengan mengisi aplikasi online singkat, dengan persyaratan minimal, untuk identifikasi dan tidak ada pemeriksaan kredit. Account Anda akan aktif secepat ini telah disampaikan.

E-wallet memungkinkan setiap pelanggan yang terdaftar untuk melakukan pembayaran online dengan nyaman dan aman tanpa mengungkapkan data keuangan pribadi, serta mengirim dan menerima transfer uang dengan hanya menggunakan alamat email Anda / log dalam rincian atau melalui telepon mendaftarkan ponsel Anda. E-wallet adalah salah satu solusi tercepat pembayaran yang paling aman dan hemat biaya di pasar.

Anda  e-wallet juga merupakan langkah pertama ke rekening  dan mudah dapat ditingkatkan ke rekening  penuh atas permintaan Anda dan proses verifikasi, yang memungkinkan Anda akses ke semua manfaat dan batasan account  nyata. Paymen Point atau eWallet memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi jual-beli elektronik secara cepat dan aman.

E-wallet berfungsi hampir sama dengan dompet fisik. E-wallet  pertama kalinya diakui sebagai sebuah metode untuk menyimpan uang dalam bentuk elektronik, namun kemudian menjadi populer karena cocok untuk menyediakan cara yang nyaman bagi pengguna internet untuk menyimpan dan menggunakan informasi berbelanja secara online.

Online Payment Gateway

Online gateway pembayaran antarmuka aman bagi pelanggan untuk memasukkan rincian kartu kredit online. Setelah masuk, jumlah diperiksa perbedaan untuk mencegah penyalahgunaan penipuan. Bank database query untuk menyetujui transaksi. Setelah persetujuan, pedagang mendapatkan uang didebet ke rekening. Pendekatan multi-berlapis untuk keamanan juga telah memberikan kontribusi terhadap kepercayaan pelanggan dalam menggunakan kartu kredit online

Sistem Pembayaran Gateway menawarkan berbagai pilihan untuk Perusahaan / Perusahaan Bisnis untuk memungkinkan on-line sistem pembayaran di situs Web mereka dan dengan demikian menerima pembayaran on-line untuk produk yang mereka jual atau jasa yang ditawarkan oleh mereka.

Pembayaran integrasi sistem Hanya 3 langkah mudah

  • Integrasi sistem dengan website merchant

Pada interface ini, seluruh transaksi yang terjadi pada website Anda, termasuk menampilkan jumlah final terhutang. pedagang tersebut kemudian diminta untuk mengirimkan beberapa kelompok yang telah ditetapkan nilai ke gateway ABCPayments.com untuk verifikasi pembayaran online.

  • Pembeli melengkapi siklus pesanan

Setelah menyelesaikan semua pembelian pada website pedagang, pedagang agar menampilkan pratinjau kepada pembeli beserta jumlah yang harus dibayar, dan link untuk melanjutkan MEMBAYAR SEKARANG

  • Merchant menyetujui pembayaran

Merchant kemudian memeriksa rincian yang diterima serta jumlah, dan menegaskan legalitas transaksi dengan “menyetujui” transaksi pedagang di panel admin nya.

Teknologi E-wallet terdiri dari komponen piranti lunak dan informasi. Piranti lunak menyediakan keamanan dan enkripsi untuk informasi pribadi dan transaksi itu sendiri. Biasanya, dompet elektronik disimpan di sisi klien oleh pengguna dan dapat dikelola secara mudah serta kompatibel dengan kebanyakan situs e-commerce. E-wallet yang disimpan di sisi server, juga dikenal sebagai “thin wallet”, merupakan suatu aplikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang dikelola di server mereka. E-wallet sisi server populer di antara para pedagang karena keamanan dan efisiensinya.

Komponenen informasi untuk E-wallet jenis ini pada dasarnya berbentuk sebuah database dari informasi yang dimasukkan oleh pengguna. Informasi ini terdiri dari alamat pengiriman, alamat penagihan, cara pembayaran (termasuk nomor kartu kredit, tanggal jatuh tempo, dan nomor keamanan), dan informasi lainnya. Cara Penggunaan Sebuah E-wallet  sisi klien pada umumnya mudah untuk digunakan. Setelah piranti lunak tersebut terpasang, pengguna dapat mulai memasukkan semua informasi yang tepat. Sewaktu pembayaran/check-out di halaman situs e-commerece, piranti lunak dompet elektronik tersebut dapat secara otomatis memasukkan informasi pengguna di form online. Secara default, kebanyakan piranti lunak E-wallet  meminta pengguna untuk memasukkan password sebelum mengisi form tersebut. Langkah ini menjaga pengguna yang tidak sah agar tidak dapat melihat informasi pribadi yang disimpan di komputer tersebut. E-wallet sisi server tidak perlu di-install di komputer. Pengguna hanya perlu mengunjungi situs yang menyediakan layanan tersebut, lalu melakukan registrasi dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di situs tersebut.

Sistem Informasi eWallet E-wallet dirancang untuk akurat ketika mentransfer data ke bentuk kasir ritel, namun jika sebuah situs e-commerce tertentu memiliki sistem checkout aneh, dompet digital mungkin gagal untuk benar mengenali bidang bentuk. Masalah ini telah dieliminasi oleh situs-situs dan software E-wallet yang menggunakan teknologi ECML. Electronic Commerce Modeling Language adalah sebuah protokol yang menentukan struktur bagaimana online pengecer dan setup bentuk checkout mereka. Berpartisipasi vendor e-commerce yang menggabungkan kedua teknologi dompet digital dan sistem informasi yang dimiliki

Elektronik Cash Elektronik Cash adalah sistem kartu debit Kredit Komite Sentral Jerman, asosiasi yang mewakili kelompok-kelompok kepentingan atas Jerman keuangan. Biasanya dipasangkan dengan rekening giro, kartu dengan logo Kas Elektronik hanya diberikan oleh lembaga kredit yang tepat. Sebuah kartu pembayaran elektronik yang umumnya dibuat oleh pemilik kartu memasukkan mereka PIN (Personal Identification Number) di terminal-apa yang disebut POS-EFT (Elektronik-Dana-Transfer-Terminal). Nama “EC” awalnya berasal dari memeriksa sistem Eurocheque terpadu Eropa. Sebanding sistem debet kartu Maestro dan Visa Electron. Bank dan lembaga kredit yang mengeluarkan kartu ini sering pasangan kartu EC debit dengan fungsionalitas Maestro. Kartu ini digabungkan, dikenali dengan logo Maestro tambahan, yang disebut sebagai “EC / kartu Maestro”.

Ilutrasi tentang produk

Kami adalah pengembang Aplikasi yang menawarkan berbagai layanan pembayaran elektronik baik untuk transaksi retail online dan tradisional.

Infrastruktur

Dari awal, pembayaran gateway kami telah dirancang untuk alamat pembayaran elektronik bisnis modern. Sistem gateway kami ditempatkan dalam serangkaian data center dengan menyediakan sistem ketersediaan tinggi untuk memenuhi kebutuhan pengolahan yang paling penting.

Kami  telah membentuk sejumlah hubungan dengan Bank, memanfaatkan volume transaksi Grup Perusahaan. Ini berarti kami dapat menawarkan layanan terbaik dengan harga yang sangat kompetitif. Iridium bisa memberikan penawaran pada berbagai jenis Merchant account dari saat pemegang kartu, mail order dan account Internet Merchant.

Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat dari biaya yang lebih rendah Merchant Services, terlepas dari volume transaksi Anda. Kami akan terus berusaha untuk menawarkan layanan yang terbaik dan harga yang bersaing.

Layanan Kami

  • Penyedia Stok eVoucher Pulsa Elektronik
  • Payment Poin online Banking
  • Internet Payment Gateway Service / Host To Host
  • Interkoneksi, Swicthing ke penyedia atau Merchant
  • Pengembang eWallet berbasis MLM, Network Marketing

Produk eWallet / Payment Point

  • Stok  Pulsa All Operator Telkomsel, XL, Indosat dll
  • Token Listrik
  • PLN
  • Telkom
  • Payment Point
  • Pembayaran Kartu Kredit
  • Pembayaran Cicilan Kendaraan Bermotor
  • Voucher Game Online
  • dan akan terus di kembangkan.

 

SUMBER:

  1. https://www.maxmanroe.com/mengenal-apa-itu-e-payment-dan-bagaimana-konsep-pembayaran-elektronik.html
  2. https://www.cermati.com/artikel/7-layanan-e-banking-yang-perlu-anda-ketahui
  3. https://edelivery.surabaya.go.id/
  4. https://follow.dekoruma.com/cara-pemesanan-dan-pembayaran-d59b98b6c27a
  5. http://www.cekresi.com/tracking/lazada.php
  6. https://sharingvision.com/2015/04/masalah-internet-payment-di-indonesia/
  7. http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/04/22/e-money/
  8. http://solusimlm.com/software/ewallet-dan-payment-point-system
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s